Rabu, 18 November 2020

Review Jurnal Tugas Softskill

 

Judul : PERANCANGAN GAME BECOME A KING BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Nama Penulis : Budi Serasi Ginting dan Fajar Ramadhan

Volume dan nomer : Volume 2, Nomer 1

Tahun : 2018

Nama Jurnal : Jurnal METHOMIKA

Reviewer : Muhammad Alief Panji Winarko (14118461)

Tanggal : 18 November 2020

 

Latar belakang :

Perkembangan game di dunia semakin pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Baik game yang diaplikasikan secara online maupun stand alone. Industri dan bisnis pengembangan game juga sudah menjadi suatu hal yang menjanjikan, terbukti dengan banyaknya perusahaan pengembang game di Amerika, Eropa dan Asia. Oleh karena itu, permintaan akan pangsa pasar yang membutuhkan game-game keluaran terbaru sangat dinantikan oleh para gamer-gamer diseluruh dunia. Negara Indonesia masih terhitung sebagai konsumen game, ini dilihat dari tingkat konsumsi game yang sangat tinggi, terutama game console, Local Area Network (LAN) dan online.

Dalam kehidupan sehari-hari game sering digunakan sebagai media pengisi kekosongan waktu ataupun sebagai media pembelajaran. Bukan hanya itu, game saat ini sudah menjadi alternatif hiburan bagi semua kalangan usia. Game biasa digunakan oleh seseorang untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh akibat rutinitas aktivitas. Game merupakan salah satu macam aplikasi yang dibuat dengan menggunakan basis kecerdasan buatan. Dilihat dari jenis atau genre game, banyak game pada saat ini bergenre Role Playing Game (RPG). Dimana game bergenre ini merupakansalah satu jenis game pilihan karena memasukkan unsur- unsur penceritaan yang kompleks serta seni peran yang membuat seseorang merasa seperti menjadi tokoh yang diperankannya dalam game tersebut.

 

Tujuan :

1.      Membangun sebuah software game dalam bentuk game RPG menggunakan perangkat lunak RPG Maker VX sebagai RPG Editor Engine dalam pembuatan sebuah game RPG.

2.      Mengimplementasikan kecerdasan buatan dalam membuat game Become a King menggunakan software RPG Maker VX.

3.      Sebagai sarana dalam mengenal software RPG Maker VX yang diharapkan seseorang mampu untuk membuat game sendiri.

 

Metode yang dipakai :

Analisis

Proses analisis dimulai dari mempersiapkan kebutuhan sistem (system requirement) game, baik dari segi ide cerita, alat bantu (tools) yang digunakan, file-file pendukung dan metode perancangan suatu aplikasi untuk mengaplikasikan game.

Teknik Pengumpulan Data.

Penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi (documentation), yaitu meneliti dan memilih beberapa sumber baik media cetak maupun media elektronik sebagai referensi guna mendukung penelitian yang sedang dilakukan oleh penulis. Dan penulis mengambil beberapa buku dan website sebagai panduan dalam perancangan game RPG ini.

 

Pembahasan :

Menurut saya didalam jurnal yang saya bahas ini, secara keseluruhan membahas tentang bagaimana cara kita untuk membuat game yang bergenre RPG (Role Playing Game) yaitu game yang didalamnya memainkan tokoh – tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita. Didalam jurnal ini juga mengajarkan kita menggunakan metode analisis untuk mempersiapkan apa saja yang kita butuhkan sebelum memulai membuat game, seperti ceritanya, tokoh, alat yang digunakan, serta metode perancangan suatu aplikasi untuk mengaplikasikan game. Lalu setelah di analisis kita kumpulkan semua data dan dijadikan dokumentasi, yaitu meneliti dan memilih beberapa sumber baik media cetak maupun media elektronik sebegai referensi guna mendukung penelitian yang sedang dilakukan penulis.

 

Kelebihan apa dari jurnal yang kalian review :

a.       Dalam jurnal ini membahas secara detail untuk membuat game RPG (Role Playing Game) sangat membantu untuk pembaca yang ingin membuat game RPG tersebut,

b.      Seperti apa saja yang dibutuhkan didalam game, atau menu – menu apa saja yang biasa terdapat dalam game RPG.

c.       Didalam jurnal sudah terdapat gambar yang membantu pembaca untuk lebih mudah memahaminya.

Saran Pengembangan :

Saran saya hanya Bahasa yang digunakan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca,

Kesimpulan :

Kesimpulannya Game Become a King ini merupakan salah satu media hiburan untuk pengisi kekosongan waktu yang dapat diaplikasikan oleh semua orang. Game ini juga melatih berfikir lebih cepat mengambil keputusan dalam permainan.



Referensi : 

Ginting B.Serasi,dkk.2018.PERANCANGAN GAME BECOME A KING BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE.



Link Jurnal :

https://media.neliti.com/media/publications/235976-perancangan-game-become-a-king-berbasis-2f80331c.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar